Depok, Rakyat News – Indonesia khususnya warga Nahdliyyin berduka atas kepergian salah satu tokohnya, KH Hasyim Muzadi. mantan ketua PBNU Andi Jamaro Dulung mengatakan sosok KH Hasyim Muzadi dikenal sebagai ulama yang selalu membangun kesejukan umat & seorang pemimpin yang kharismatik.

AJD mengenang gaya kepemimpinan mbah hasyim selama sepuluh tahun mendampingi beliau sebagai wakil ketua PBNU. mbah selalu memberi nasehat disertai lelucon agar mudah dimengerti.

“10 tahun saya dampingi beliau di PBNU, beliau kerap memberikan perintah rumit disertai dengan jok sehingga semua mudah dimengeri” kata mantan ketua PBNU ini.

AJD mengenang sebuah peristiwa penting dalam hidupnya bersama mbah hasyim, beliau melontarkannya langsung ke saya
“Bang Andi (Hasyim menyapa ke AJD), dibalik pemimpin yang hebat akan ada prajurit yang luar biasa & prajurit pun punya tingkatan, ada yang normatif & komando, bang Andi ini masuk kategori ke dua (komando) dengan ciri khasnya mengerjakan sesuatu tanpa perintah & tindakannya benar” kenang AJD

“selamat jalan Guru, kami semua berduka, semoga khusnul khatimah” ucap AJD

KH hasyim muzadi menghembuskan nafas terakhirnya pukul 06.05 WIB dan akan dikebumikan di Ponpes Al Hikam, Depok.

KH hasyim wafat di usia 72 tahun. sempat menjalani perawatan intensif di RS Labalatte, Malang, jawa timur. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) kemudian memilih masa pemulihan di kediamannya. (*)