Luwu Utara Rakyat News –  Humas dan Protokoler serta Jurnalis media cetak dan online (JOIN) tidak bisa dipisahkan, karena sama-sama memiliki hubungan yang erat dalam penyebaran informasi kepada publik.

Hal ini diungkapkan Kabag Humas Protokoler Luwu Utara Suryadi pada anggota DPD JOIN Lutra saat Ngopi bareng di warkop Bandara Masamba Rabu 16 Mei 2018 lalu.

Humas yang berperan sebagai pentambung lidah sebuah instansi pemerintah maupun dari pihak swasta, sementara Jurnalis (media) adalah sarana yang bisa menyebarkan informasi yang ada disebuah instansi itu kepada publik secara umum.

Inilah yang membuat Suryadi melakukan kerjasama yang erat dengan pihak Jurnalis.

Menurutnya, hubungan dengan para Jurnalis yang tergabung di JOIN akan memberikan nilai plus dalam penyebaran informasi yang dihasilkan oleh pemerintah kepada masyarakatnya.

Tanpa media atau Jurnalis, maka apa yang dihasilkan oleh sebuah instansi tidak akan ada artinya karena tidak disampaikan kepada khalayak atau ke publik. Apapun hasil yang dibuat oleh instansi dan prestasi apapun yang dimiliki oleh seorang pejabat, jika tidak dimuat di media, maka yang mengetahui hanyalah orang-orang didekatnya sendiri, intern sendiri.

“Sebaliknya sekecil apapun yang dihasilkan oleh sebuah instansi jika terus dilakukan penyebaran informasi melalui media atau PPID nya, maka akan terangkat kepermukaan juga,” tuturnya.

Suryadi melanjutkan, “Jurnalis itu tidak bisa kita tebak apa maunya, sehingga kita harus pandai-pandai merangkulnya dengan cara ngobrol lepas entah di warkop atau dimana tempat strategis,”  tutupnya. (yustus)