Luwu Utara, Rakyat News – Pentingnya toleransi antar umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat merupakan hal yang sangat krusial untuk saling menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif.

Menyadari pentingnya hal tersebut, Polres Luwu Utara, melalui Kasat Binmas Polres Lutra, AKP Wake Andi Maming yang turut serta dalam perbincangan antar tokoh masyarakat menekankan pentingnya toleransi beragama.

Hal ini terus dilakukan untuk menjaga keamanan di bulan suci ramadhan saat ini. Salah satunya adalah Tarawih Keliling Desa oleh Kasat Timnas Polres Luwu Utara.

Menurutnya dengan menyatu secara langsung ditengah masyarakat dapat meleburkan kesenjangan-kesenjangan yang ada.

“Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga  toleransi antar umat beragama, bijak dalam menggunakan Media Sosial (Medsos), tidak menyebarkan berita bohong (Hoax), provokatif atau adu domba, serta ujaran kebencian karena sudah ada Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Nomor 11 tahun 2008,” pesan Andi Wake panggilan akrab Kasat Binmas.

Selain, tarawih keliling desa, ia juga  membangkitkan kembali pos ronda atau siskamling, serta adanya penertiban terhadap warga baru yang masuk ke aerah Luwu Utara dengan melaporkan diri ke aparat desa setempat.

“Jika ada warga baru yang datang di desa segera diarahkan untuk melapor diri pada kantor desa atau bhabinkamtibmas, Kepala Dusun, RT atau Linmas, tentu dengan cara santun, tutur kata yang baik simpati dan humanis,” ringkasnya.

“Saya juga mengajak seluruh warga masyarakat di Desa Buntu Torpedo terkhusus warga Luwu Utars untuk bersama-sama aparat keamanan dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif sekarang di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang, ” himbau Kasat Binmas.(yustus)