Makassar, Rakyat News – Usai tim tim Wakil rektor IV bidang riset, inovasi dan kemitraan menggelar workshop untuk mereview renstra, pedoman dan SOP penelitian untuk tahun 2018/2019 di Hotel Novotel, Jum’at (18-19/08/2018). Universutas Hasanuddin akan meluncurkan 5 kategori model skim riset untuk Mahasiswa Mahasiswa (Runas).

Wakil Rektor bidan IV, Prof. Nasrum Massi, Ph.D menjelaskan riset bertujuan mengasah kemampuan mahasiswa serta mendekatkan hubungan emosional mahasiswa dan dosen.

“riset untuk mahasiswa di tujukan untuk mendekatkan mahasiswa dengan dosen, mempersiapkan prelimenary riset untuk kegiatan PKM mahasiswa,” katanya.

Senentara wakil rektor bidang kemahasiswaan Prof. Dr.A.Arsunan Arsin, M.Kes menyambut baik program tersebut dan dirinya siap mengawal dalam untuk mensukseskan skim riset.

“sangat baik skim riset mahasiswa tersebut dan siap untuk mengawal program ini dengan baik,” tegasnya.

Selanjutnya Prof.Dr.Ridwan Amiruddin, MSc.PH. selaku anggota tim pokja pedoman riset menjelaskan bahwa, kedepan pedoman dalam riset mahasiswa akan lebih diperdalam dalam pelaksanaan hingga sosialisansunya kepada mahasiswa.

“masih perlu dipertajam pedoman untuk skim tersebut untuk pengaturan lebih jauh dan sosialisasinya,” tuturnya.

Peserta workshop dari representasi semua fakultas di Unhas, menggodok secara alot renstra riset Unhas yang menjadi Unggulan Strategis diantaranya riset tentang rumput laut, kakao, peternakan, biologi molekuler, penyakit tropik, sosibud dan teknologi generasi 4.0.
Hal signifikan yang di hasilkan dari warkshop ini diantaranya penyederhanaan model skim reset menjadi 5 kategori. Diantaanya Riset Unggulan Unhas (Runas) Dasar, Runas Terapan, Runas Pengermbangan, Dosen Pemula dan Riset Mahasiswa. (*)