Luwu Utara, Rakyat News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melakukan bimbingan teknis pelaporan dana kampanye, di Hotel Bukit Indah Masamba, Jl. Sumpurusiang, Selasa, (11/9/2018).

Bimtek dana kampaye ini menghadirkan Ketua dan LO Partai Politik se Kabupaten Luwu Utara yang dibuka oleh Ketua KPU Luwu Utara, Syamsul Bachri yang didampingi oleh Komisioner KPU Devisi Teknis dan Logistik, Suprianto, Devisi Hukum dan Parmas, Supriadi, juga dihadiri oleh Kepala Badan Kesbang dan Politik Luwu Utara, Enyon, Komisioner Bawaslu Lutra Sri Sukma D.

Ketua KPU Lutra H. Syamsul Bachri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bimtek Pelaporan Dana Kampanye ini sangat penting untuk dilakukan. “Bimtek dilakukan agar tidak terjadinya distorsi informasi kepada peserta pemilu mengenai pelaporan dana kampanye, “ujarnya.

Dalam Bimtek kata Syamsul Bachri, akan melakukan pelatihan penggunaan system teknologi informasi berupa Aplikasi pelaporan dana kampanye sehingga memudahkan peserta pemilu dalam melaporkan dana kampanye, “ujarnya.

Syamsul Bachri menjelaskan, ada 3 jenis laporan dana pada pemilu tahun 2019 yakni yang pertama laporan awal dana kampanye, kedua adalah laporan sumbangan dana kampanye, dan yang ketiga adalah laporan akhir dana kampanye.

“Ia berharap melalui bimtek pelaporan ini dapat menjadi modal partai politik dalam menyusun dan melaporkan dana kampanyenya, sehingga keterbukaan atas laporan tersebut dapat diketahui secara luas oleh publik, “tegasnya.

Ditempat yang sama Kepala Badan Kesbang Lutra Enyon mengatakan bahwa kegaiatan ini sangat penting karena sebagai betuk tindaklanjut dari undang-undang dan peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), sehingga apa yang menjadi kewajiban partai politik harus dilaksanakan dengan baik, agar bakal calon yang terpilih mendapatkan legitimasi dari masyarakat baik dari syarat untuk sebagai calon dan adaminitrasi sebagai syarat setelah terpilih.

Untuk itu kata Enyon, kami sebagai pemerintah daerah sangat mengapresiasi kepada KPU Lutra karena sudah memberikan bimbingan teknis terkait dengan pelaporan kampanye. “Meski hari libur mereka tetap bekerja demi suksesnya pemilihan umum serentak tahun 2019, “tutupnya. (yustus)