Makassar, Rakyat News – Sebagai tahap awal, sebanyak 12 Relawan PMI pada hari ini oleh PMI Kota Makassar dengan menggunakan 1 Unit Armada Ambulance, sekaligus mengawal pengiriman 1 Unit Armada Mobil Hyglun dengan dukungan dari PMI Pusat melalui Gudang Regional PMI di Makassar.

Relawan yang di berangkatkan pada tahap awal ini memiliki Spesialis di Bidang Assesment & Pendataan, Perawat, Pertolongan Pertama & Evakuasi, Shalter serta Posko.

PMI Kota Makassar juga menyiagakan Personil Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar u/ mengantisipasi Permintaan Darah dari PMI Provinsi Sulawesi Tengah, dan juga menyiapkan Personil Tenaga Donor yang sewaktu-waktu siap di Mobilisasi ke Lokasi jika dibutuhkan. Karena menurut Informasi, PMI dan UTD setempat (Sul-Teng – Red) juga terkena dampak akibat Gempa.

Untuk langkah berikutnya yang aka dilakukan oleh PMI Kota Makassar adalah mengidentifikasi & menyiagakan relawan terlatihnya u/ sewaktu-waktu siap di mobilisasi u/ tahap pemberangkatan berikutnya, serta mengaktifkan Posko Tanggap Darurat Bencana.

Menurut Sekretaris PMI Kota Makassar, Bapak Nur Salam AS selaku Pengarah Operasi Tanggap Darurat Bencana saat di temui usai melepas pemberangkatan Relawan ke lokasi Bencana menuturkan bahwa misi kemanusiaan ini atas arahan & instruksi Bapak Ketua PMI Kota Makassar, Bapak Syamsu Rizal MI.

“Bapak Ketua PMI Kota Makassar setelah mendengar berita gempa dan Tsunami di Palu & Donggala, mengarahkan dan menginstuksikan kepada saya via telephon dan WhatsApp, untuk segera merespon kejadian tersebut. Menurut beliau, karena ini sudah menjadi Tugas dan tanggung jawab PMI, jadi harus segera di respon dan ditindaklanjuti”. Tutur Bang Salam sambil meniru gaya berbahasa Deng Ical via telephone.