MAKASSAR – Peringati Hari Kanker Sedunia, Makassar Cancer Care Community (MC3)Bersama Mitra Menggelar Kampanye World Cancer Day, Jumat (4/2/2022).

Bersama Yayasan Kanker Indonesia – SulSel, mahasiswa kedokteran Unhas, Think Survive dan pasien kanker yang tengah menjalani proses kemoterapy bersama-sama turun ke jalan untuk berkampanye.

Mereka menyuarakan kepedulian terhadap tingginya kasus kanker di Sulawesi Selatan dan di Indonesia umumnya, sehingga perlu semua elemen masyarakat peduli dengan kesehatannya.

Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day).

Tujuan utama kampanye untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap kanker, kembali dirayakan pada tahun 2022. Sekaligus sebagai upaya untuk pendorong segala upaya pencegahan, deteksi, dan pengobatan.

Hari Kanker Sedunia dalam sejarahanya, pertama kali dicetuskan oleh Union for International Cancer Control (UICC) sebagai pemimpin inisiatif pemersatu global dalam acara World Summit Against Cancer di Paris pada tanggal 4 Februari 2000.

Hari Kanker Sedunia kemudian terus berkembang menjadi gerakan positif dalam meningkatkan kesadaran kepada masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya menjaga kesehatan supaya terhindar dari penyakit berbahaya, terutama kanker.

Selain itu, Hari Kanker Sedunia juga berhasil memunculkan berbagai kegiatan dan acara yang diadakan oleh komunitas, organisasi, pemerintah, rumah sakit dan lainnya yang ditujukan sebagai bentuk dukung kepada sesama manusia, terutama bagi para penderita kanker.

Tema tahun ini “Close the Care Gap”, Menurut Cancer Research Institute, ini adalah tahun untuk mempertanyakan status quo dan membantu mengurangi stigma; untuk mendengarkan perspektif orang yang hidup dengan kanker dan komunitas mereka dan pengalaman hidup itu memandu pikiran dan tindakan kita.

Sehubungan dengan hal itu, maka semua pihak di seluruh dunia diharapkan harus memiliki kesadaran atas pentingnya penyamarataan perihal perawatan kanker tanpa membeda-bedakan ras, suku, agama, dan lainnya.