Luwu Utara, Rakyat News – 2020, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu menargetkan pertumbuhan ekonomi di angka 8,3%.

Hal itu dilontarkan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten yang dihelat di Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (19/3).

“2020 target pertumbuhan ekonomi sebesar 8,3%. 2017 ekonomi Luwu Utara tumbuh di 7,6%. 2019 kita prediksi akan tumbuh di 7,89%. Sebagai gambaran bahwa pada tahun yang sama Sulsel hanya tumbuh 7,23% dan Nasional hanya 5,2%,” sebut Indah.

Gini ratio, kata Indah yang tercatat di  0,221% membuktikan bahwa terjadi pemerataan pembangunan di Luwu Utara. Untuk itu, program pembangunan ekonomi melalui sektor pertanian dalam arti luas, UMKM, dan sektor pariwisata juga menjadi sasaran yang menjadi target pembangunan ke depan.

“Sehingga target  yang ingin kita capai dalam program pembangunan tahun 2020 yang akan datang bermuara pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan penyerapan tenaga kerja, pengurangan angka kemiskinan, dan kesenjangan sosial serta peningkatan pada indeks pembangunan manusia,” terang Indah.

Sementara itu Kepala Bappeda Luwu Utara, Rusydi Rasyid di hadapan semua peserta Musrenbang menuturkan bahwa tujuan dari giat tersebut menyelaraskan program sasaran arah kebijakan pembangunan.

Mengklarifikasi usulan program masyarakat, mempertajam kegiatan prioritas, dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program kegiatan. Hasil dari Musrenbang hari ini akan dibahas di tingkat Provinsi lalu ke Nasional yang rencananya bakal dihelat pada awal April mendatang,” papar Rusydi.