Luwu Utara, Rakyat News – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani membuka Diklat Penguatan Kepala Sekolah sekaligus melepas guru CPNS ke tempat tugas masing-masing.

Diklat dan pelepasan berlangsung di Aula Hotel Remaja Masamba, Senin (25/3) yang diikuti Kepala Sekolah tingkat TK, Sd-SMP sebanyak 102 orang.

“Tidak mudah menjadi kepala sekolah, sebab ini bukan persoalan mau tapi persoalan siap. Memang, beban mengajar sudah dihapuskan namun tidak serta merta meringankan tanggungjawab manajemen,” kata Indah.

Kepala sekolah, lanjut Indah harus memenuhi standar pendidikan sebab masa depan Bangsa ditentukan dari kualitas pendidikan.

“Persoalan manajemen bukan persoalan yang mudah utamanya mengelola organisasi. Kepala sekolah harus menggerakan semua potensi untuk mencapai semua target. Prinsipnya giat ini dilakukan untuk penguatan kapasitas, untuk itu saya dorong semua kepala sekolah untuk terus menerus melakukan pengembangan diri secara mandiri karena tidak ada artinya potensi jika tidak dikembangkan dan dimaksimalkan karena pada akhirnya jika kita punya potensi sosial, kita yang akan dicari dan dirindukan,” terang Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Jasrum menuturkan diklat penguatan kapasitas sekolah dimaksudkan untuk peningkatan kompetensi.

“Dalam pengelolaan SDM, sarana prasarana, manajemen, dan sebagainya. Juga bagaimana melakukan perubahan pola pikr, pola sikap, dan pola tindak,” ungkapnya