MAKASSAR, RAKYAT NEWS – Bupati Bulukumba A Muchtar Ali Yusuf mengharapkan para pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) lebih kreatif dalam mengembangkan usahanya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Pengurus Bumdes harus jeli melihat potensi yang dimiliki desa masing-masing untuk dikembangkan. Selain itu, Bumdes harus memiliki perencanaan bisnis yang lebih prospektif dan inovatif dalam menjalankan aktifitas Bumdes.

Harapan tersebut disampaikan Andi Utta sapaan Muchtar Ali Yusuf saat menjadi narasumber pada bimbingan teknis peningkatan kapasitas kepala desa dan para pengurus Badan Usaha Milik Desa, di Hotel Swiss Belinn Makassar, Sabtu 22 Mei 2021.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Kesatuan Nasional Independen (LPKNI) diikuti oleh 85 peserta dan berlangsun selama 3 hari.

Keberadaan Bumdes diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan di desa tersebut, sehingga Pemerintah Desa juga diharapkan bisa membackup untuk lebih berkembang.

“Yang terpenting bagaimana
Pemerintah Desa melakukan
penguatan kepada Bumdes yang
dibentuk bersama masyarakat,” imbuhnya.

Sehingga lebih lanjut dikatakan keberadaan Bumdes jangan menjadi formalitas di desa dan tidak jelas apa yang dilakukan

Bumdes pada dasarnya merupakan penguatan
terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa dan menjadi instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi, yang bertujuan untuk peningkatan
kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan usaha
ekonomi. (Ikbal)