Kegiatan Dilkatpim III ini digelar berkat kerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan. Ilham Azikin juga menitip pesan kepada BPSDM untuk melakukan proses Diklatpim ini secara ketat. “Kita titip peserta ini, kita berharap ini dilaksanakan sesuai regulasi. Tidak ada proses tawar-menawar dalam kegiatan ini,” jelas dia.

Kepala BPSDM Sulsel, Imran Jausi mengatakan, Diklatpim III ini adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk peningkatan SDM aparatur demi pencapaian visi dan misi pemerintah. Dia mengatakan, eselon III adalah sebuah tulang punggung pemerintahan. Oleh karena itu, proses seleksi harus dilakukan dengan cukup ketat.

“Jika ingin memotret dari bekalang seperti apa pemerintahan, apakah bengkok atau lurus, maka bisa melihat tulang punggungnya. Apakah lurus atau bengkok, itu bisa terlihat dari pejabat eselon III nya,” jelas doa.

Dia menambahkan, definisi kepemimpinan adalah sebuah kemampuan untuk memberikan pengaruh dengan tujuan untuk pembelajaran. Dengan begitu, melalui Diklatpim III ini, diharapkan bisa terlahir pemimpin-pemimpin baru di Bantaeng.(*)