Takalar, Rakyat News – Kegiatan Gerakan Pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, sehingga penyelarasannya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainnya menjadi sangat penting.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir dalam upacara yakni para pembina, pembimbing, pelatih dan para anggota pramuka Kabupaten Takalar.

Hal tersebut dijelaskan Sekretaris Daerah Takalar Drs.H.Arsyad, MM saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs.Budi Waseso pada Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58  yang berlangsung Di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, Rabu 14 Agustus 2019, pagi.

“Hari Pramuka kali ini mengusung tema Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa indonesia.”ucapnya

Selaku Sekretaris Majelis Pembimbing Pramuka, H.Arsyad berharap peringatan hari pramuka ini, para anggota pramuka memperhatikan beberapa hal seperti merebaknya korupsi, kolusi dan nepotisme, terpaparnya radikalisme dan terorisme serta maraknya penyalahgunaan narkoba.

Karena, ini merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa indonesia saat ini, serta kerusakan dan pencemaran lingkungan karena disebabkan kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungan.

“Gerakan Pramuka adalah wadah tunggal, gerakan pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI, diharapkan agar kita semua memiliki perhatian penuh terhadap hal-hal yang yang dapat mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa indonesia.” ujarnya Sekda Takalar.

Upacara peringatan hari pramuka juga dirangkaikan dengan penganugrahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka berupa piagam dan lencana pancawarsa untuk 20 pembimbing pramuka di Kab. Takalar.

Termasuk diantaranya Bupati Takalar sebagai Ketua Mabicab dan Wakil Bupati Takalar sebagai Wakil ketua Mabicab dan menerima penghargaan Pancawarsa IV dari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel Dr.H.Syahrul Yasin Limpo,SH.,M.Si. M.H