MAKASSAR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan kepada Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Timnas U-20 Indonesia bentukan Shin Tae Yong jelang Piala Dunia U20.

Baca Juga : Jelang Mubes, Poros 90an : IKA Unhas Munculkan Puluhan Figur Alumni

Timnas Indonesia mulai pemusatan latihan pada Rabu (2/3/2022) sore WITA, di Stadion Madya, Jakarta.

Latihan perdana ini untuk membuka rangkaian pemusatan latihan timnas di Jakarta, sebelum dilanjutkan ke Korea Selatan mulai 13 Maret hingga 10 April 2022.

Serangkaian pemusatan latihan Timnas Indonesia di Korea Selatan akan digelar di Stadion Gyeongsangbuk-do Daegu.

Dikutip dari halaman resmi PSSI Kamis (3/3/2022), Timnas Indonesia bersama PSSI dan pelatihnya, Shin Tae-yong menerima pesan khusus dari Presiden Joko Widodo.

Pesan tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, saat berada di pemusatan latihan timnas di Stadion Madya, Jakarta.

Menpora Zainudin Amali mengatakan, Presiden Jokowi telah berpesan kepada Timnas Indonesia untuk meningkatkan peluang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Presiden Jokowi ingin para pemain junior Indonesia tidak tidak hanya menjadi peserta yang berkompetisi sebagai tuan rumah. Namun, juga diharapkan mampu meraih kesuksesan dan membanggakan masyarakat pecinta sepak bola nasional.

Jokowi berharap semua pihak yang terlibat, seperti PSSI dan jajaran kepelatihan, diharapkan berperan dalam mensukseskan sepak bola Indonesia.

“Pak Presiden (Jokowi) beri arahan kepada saya untuk disampaikan ke ketum PSSI, pengurus, tim pelatih, dan pemain supaya manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya.”

“Sehingga, kita bisa mencapai prestasi maksimal pada saat pertandingan Piala Dunia U20 2023,” katanya.

Tak hanya menjadi target prestasi tinggi, tim Garuda Muda diharapkan bisa menjadi tuan rumah yang prima di ajang Piala Dunia U20 2023.

“Beliau (Presiden Jokowi) juga ingin Indonesia menjadi tuan rumah yang baik dan timnas yang berprestasi” jelasnya.

Di awal sesi latihan, tim Garuda Muda langsung diberikan program latihan fisik.

Pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu memimpin program latihan tersebut.  Menyediakan latihan dengan ulasan beep test.

“Jadi, hari ini hanya cek fisik seperti apa dan mau lihat selama ini intensitas latihan pemain seperti apa. Kami juga sekaligus mau kumpulkan data ini sampai Piala Dunia U20 2023,” ujarnya

.Menurut Shin Tae Yong, latihan ini penting untuk membantu tim pelatih menguasai road map sebelum Piala Dunia U20 2023.

“Jadi kami sedang siapkan road map agar kami bisa punya fisik mental kuat. Jadi memang kami lihat di latihan perdana ini.”

“Bukan satu dua hal yang perlu diperbaiki, tapi lebih banyak sekali yang harus diperbaiki. Mulai dari tadi yang dibicarakan dan lawan-lawan di Piala Dunia Dunia itu postur tubuhnya baik, jadi harus perkuat fisik dan mental,” pungkasnya.