Ternate, Rakyat News – Tiga atlet tinju Sulawesi Selatan yang bertarung di hari pertama Pra Kualifikasi PON XX di GOR Kie Raha, Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (20/9/2019) mampu menumbangkan lawan-lawannya. Ketiga petinju Pertina Sulsel tersebut yakni M Jafar, Muh Idris dan Abdul Sada.

Tiga atlet tinju Sulawesi Selatan yang bertarung di hari pertama Pra Kualifikasi PON XX di GOR Kie Raha, Kota Ternate

Jafar yang turun di kelas 56 Kilogram (Kg) mampu mengalahkan Muh Santri, wakil dari Sulawesi Tengah (Sulteng). Sementara Muh Idris mampu memupus ambisi petinju senior andalan Jawa Timur (Jatim) berpostur tinggi besar, Apniel Daniel.

Di partai terakhir dari 30 partai yang dipertandingkan, Abdul Sada, salah satu petinju asal Sasana Tinju Kostrad Kariango ini menyusul dua koleganya setelah menang mutlak atas petinju Kalimantan Timur (Kaltim) berdarah Bugis, Indra Faisal di kelas 69 Kg.

Pada hari kedua, Sabtu (21/9/2019) Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP-Pertina) akan mempertandingkan 35 partai. Lima partai di antaranya akan diisi oleh petinju Sulsel. Masing-masing dua petinju putri, Sri Rahayu yang turun di kelas 45 Kg akan berhadapan dengan Jesica, petinju asal Kalimantan Barat. Sedangkan Indriawati Haer, yang akan naik ring di kelas kelas 54 Kg akan menantang petinju kuat wakil dari Papua Barat, Adelin M Sroyer.

Tiga petinju Sulsel lainnya turun dikategori putra. Mereka adalah Samsudin kelas 46 Kg akan bertemu petinju Maluku, Dilan Isikiwar. Sedangkan Daud Fairyo yang turun di kelas 64 Kg berhadapan dengan Agus Rolian, petinju berpengalaman asal Nusa Tenggara barat (NTB). Satu wakil Sulsel lainnya yakni Charles Matiandago di kelas 75 kg juga akan berhadapan dengan petinju tuan rumah Maluku Utara yang sarat pengalaman, Ferry Ressy Umboh.