MAKASSAR,– Polusi udara utamanya dikota-kota besar menjadi masalah bagi umat manusia dan lingkungan akibat penggunaan bahan bakar yang mempunyai kadar timbal tinggi.

Untuk itu PT Pertamina termotivasi menciptakan program langit biru dengan menggunakan jenis bahan bakar yang ramah lingkungan.

Upaya tersebut, mendapat apresiasi dari Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto karena mampu menjaga lingkungan sekaligus udara yang baik dengan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.

“Menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua menjaga kualitas udara agar sehat. Salah satunya yaitu bijak menggunakan bahan bakar minyak untuk kendaraan kita. Nah saat ini Pertamina dengan programnya langit biru tentu sedikit banyak akan sangat membantu mengurangi polusi udara,”ucap Danny.

Untuk mendukung program tersebut, kata Danny rencananya dirinya akan mengeluarkan surat edaran untuk kendaraan dinas pemerintah kota supaya dapat  menggunakan BBM ramah lingkungan.

“Ke depan saya akan keluarkan surat edaran untuk kendaraan dinas pemerintah kota dan ASN agar menggunakan BBM ramah lingkungan untuk menjaga langit biru Makassar demi kualitas dan kesehatan udara,” ungkapnya.

Saat ini PT Pertamina telah meluncurkan program langit Biru, sejak 21 Maret 2021 lalu, dengan meluncurkan BBM jenis pertalite dengan proporsi yang ramah lingkungan.

Unit manager Communication, Relations CSR Pertamina Regional Sulawesi La Ode Syarifuddin Mursali mengatakan, animo masyarakat cukup besar dengan hadirnya program ini.

“Alhamdulillah respon warga Makassar cukup baik terlihat dari proporsi konsumsi BBM dengan oktan 90 ke atas seperti Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo mencapai 86% di banding konsumsi BBM oktan 88 atau Premium yang proporsinya yang hanya berkisar 14%,” jelas Laode usai bertemu WaliKota Danny bersama rombongannya Di jalan Amirullah. Rabu 21/7/2021.