Makassar, Rakyat News – Pemkot Makassar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) tengah berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan data utamanya dalam hal pelayanan publik.

Kepala Dinas Diskominfo Kota Makassar, Ichwan Jacub mengatakan bahwa pengelolaan persandian tidak lepas dari program Diskominfo.

“Kita berharap bahwa persandian ini dapat dikelola dengan baik. Yang paling penting bagi kami sandi merupakan bidang yang tidak terpisahkan dari program Diskominfo,” katanya dalam sosialisasi tata kelola persandian di Aston Makassar Hotel, Rabu (10/7/2019).

Ichwan menyebut, saat ini masyarakat susah memilah informasi dengan baik. Oleh karena itu, fungsi sandi untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat terkait pemilahan pemberitaan sehingga dapat di sampaikan kepada publik.

“Ini menjadi bagian yang sangat penting, sehingga sosialisasi yang dilakukan diharapkan betul-betul memberi dampak kepada masyarakat khususnya bagi program yang ada pada tingkat kelurahan, kecamatan, SKPD,” katanya lagi.

Sementara itu, Asisten I Pemkot Makassar, Abdul Azis Hasan, menyebut bahwa tidak semua informasi perlu disebarluaskan sebab ada pula informasi yang bersifat rahasia. Dengan demikian, peran operator sangat penting sehingga perlu pendalaman pemahaman.

“Tentu harus mempersiapkan sumber daya yang profesional, artinya dia bisa memahami serta menjaga marwah kerahasian informasi,” katanya.