Makassar, Rakyat News – Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, M Iqbal Samad Suhaeb meminta pemuda terus mengeratkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara apalagi momen Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober menjadi momentum pemersatu.

“Jadikan momentum ini untuk meningkatkan cinta tanah air dengan makin mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Pemuda adalah generasi penerus yang akan melanjutkan tonggak kepemimpinan bangsa,” paparnya saat upacara di halaman kantor Balai Kota Makassar, Senin.

Ia mengatakan setiap tanggal 28 Oktober Sumpah Pemuda selalu diingat dan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan salah satunya upacara bendera. Tahun ini peringatan Sumpah Pemuda ke-91 tahun mengangkat tema “Bersatu kita maju”.

Ia berpesan saat menjadi inspektur upacara dan dihadiri oleh seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar berharap agar momentum ini makin meningkatkan jiwa nasionalisme dan persatuan demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hari Sumpah Pemuda ini, lanjut dia, mengingatkan kembali akan cerita masa silam di mana perjuangan pemuda Indonesia saat itu yang menjadi garda terdepan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pemuda Indonesia di masa lalu berjuang dengan semangatnya dan cinta Tanah Air menjadi barisan terdepan untuk bangsa. Ini kiranya dapat memotivasi pemuda masa kini agar lebih giat berkreasi dan melakukan hal positif untuk melanjutkan perjuangan Indonesia,” harap dia.

Mantan Kepala Balitbangda Pemrov Sulsel ini menambahkan, peringatan sumpah pemuda jangan hanya sebatas perayaan semata melainkan harus berbuat lebih baik untuk perbaikan segala lini dalam mengisi kemerdekaan.