JAKARTA – Polri mendapat kehormatan menjadi tuan rumah acara serah terima sumbangan sukarela kepada Melanesian Spearhead Group (MSG) untuk pengembangan strategi keamanan kawasan, Selasa (29/3/2022).

Divisi Hubungan Internasional (DivHubinter) Polri, Irjen Johni Asadoma menjelaskan bahwa hal itu merupakan hasil dari Pertemuan Menteri Kepolisian (PMM) MSG yang diadakan pada 14 Maret 2017 lalu di Jakarta, dan PMM mendukung polri untuk turut membanu dalam kontribusi keuangan untuk pengembangan keamanan wilayah MSG Regional Security Strategy (RSS).

Baca Juga : Kapolri Kejar Target Vaksin Booster Agar Warga Miliki Kekebalan Jalani Aktivitas Ramadan

“Polri dengan bangga mengumumkan bahwa inisiatif tersebut di atas telah terpenuhi hari ini, melalui selesainya acara serah terima, dan transfer dana sebesar seratus ribu US Dollar, dari Polri ke Sekretariat MSG,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa Polri dan RSG beserta Sekretariat akan bekerja sama untuk menentukan tanggal dan pengaturan lain yang memang perlu untuk disiapkan karena mengingat kondisi saat ini masih dalam pemulihan Pandemi maka Polri masih mencari tau kemungkinan untuk penyelenggaraan RSS WG ke empat secara tatap muka.

“Polri akan bekerja sama dengan Anggota RSS dan Sekretariat lainnya untuk memutuskan tanggal yang lebih disukai kadang-kadang pada minggu terakhir Mei 2022 dan pengaturan lain yang sesuai yang diperlukan untuk mengatur pertemuan. Mengingat situasi pemulihan Pandemi, Polri masih mengkaji kemungkinan untuk menyelenggarakan RSS WG ke-4 secara fisik di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga : Lantik Pengurus KBPP Polri Bone, IAS Dorong Penguatan Kemasyarakatan