JAKARTA – Sejarah hari ini di mana pada 31 Maret 1889, Menara Eiffel resmi dibuka dalam sebuah upacara oleh sang perancang menara, Gustave Eiffel.

Dalam sejarah awal pembuatan menara Eiffel, yang dilansir laman History, Kamis (31/3/2022), kala itu pada 1889 untuk menghormati 100 tahun Revolusi Prancis, pemerintahnya merencanakan eksposisi internasional dan mengumumkan kompetisi desain untuk membangun sebuah monumen di Champ-de-Mars, pusat kota Paris. Dari lebih 100 desain yang diajukan, Komite Centennial memilih rencana rancangan Gustave Eiffel untuk menara besi tempa terbuka yang akan mencapai hampir 1.000 kaki di atas Paris.

Baca Juga : Catatkan Sejarah, Museum Prancis Pindahkan Patung Presiden Putin ke Gudang

Menara ini menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia saat itu. Gustave Eiffel adalah seorang pembuat jembatan terkenal. Ia adalah ahli konstruksi logam dan merancang kerangka Patung Liberty yang baru saja didirikan di Pelabuhan New York.

Menara Eiffel awalnya disambut dengan skeptisisme dari para kritikus yang berpendapat bahwa itu tidak sehat secara struktural. Muncul juga kemarahan dari beberapa orang yang mengira menara tinggi akan merusak pemandangan di jantung kota Paris.

Tidak gentar, Gustave Eiffel menyelesaikan menara besarnya di bawah anggaran hanya dalam dua tahun. Hanya satu pekerja yang kehilangan nyawanya selama konstruksi, yang pada saat itu merupakan jumlah korban yang sangat rendah untuk proyek sebesar itu.

Strukturnya yang ringan dan lapang merupakan keajaiban teknologi yang dalam beberapa dekade dianggap sebagai mahakarya arsitektur. Menara Eiffel memiliki tinggi 984 kaki dan terdiri dari kerangka besi yang ditopang pada empat tiang batu dan empat kolom naik yang bersatu untuk membentuk menara vertikal tunggal.