Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan terimakasih sekaligus apresiasi yang luar biasa terhadap perhatian Mentan SYL pada sektor pertanian Aceh. Menurutnya, dukungan Mentan terhadap kemajuan Aceh terlihat nyata dari banyaknya program dan bantuan yang diterimanya selama ini.

“Sudah saya cek datanya dan ternyata 80 persen pertumbuhan ekonomi yang begitu tinggi itu dari sektor pertanian. Oleh karenanya sesuai arahan pak Menteri kita mau lebih fokus dan intensifikasi di bidang pertanian termasuk konsep integrated farming,” katanya.

Nova mengatakan, bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian pertanian selama ini membuat para petani perlahan tapi pasti makin sejahtera. Hal ini terlihat dari peningkatan NTP Provinsi Aceh dari yang tadinya 95 persen meningkat jadi 105 persen.

“Dengan demikian bisa kita baca trennya meningkat dan memang faktanya sektor pertanian naik terus, sehingga saya setuju dengan pak menteri bahwa kita tidak boleh bergantung pada dana pemerintah. kita skala ekonomi aja dan kita hitung kelayakannya. Termasuk pupuk, karena PIM sedang membangun pabrik baru, sehingga kita tidak bergantung lagi kepada orang lain,” tutupnya.

Perlu diketahui, Kementan memberikan bantuan kepada Provinsi Aceh sebesar Rp 82,6 miliar. Bantuan ini berbentuk bibit, benih dan sarana prasarana pertanian yang dapat menunjang peningkatan produksi tanaman pangan.