JAKARTA – Pelatih AC Milan, Stefano Pioli meminta FIFA mengubah waktu bermain di pertandingan sepak bola yang selama ini 90 menit.

Menurutnya, belakangan ini banyak drama yang terjadi di atas lapangan. Sehingga, waktu bermain yang terpangkas cukup banyak dan akhirnya membuat permainan menjadi tidak efektif.

Baca Juga : Hasil Genoa vs AC Milan: Zlatan Ibrahimovic dkk Tekuk The Grifone 0-3

Pioli mendorong berbagai pihak, salah satunya FIFA, untuk memodifikasi aturan yang berlaku.

Ia bahkan memiliki dua gagasan lain guna membuat permainan sepak bola menjadi lebih menarik.

“Jika diperbolehkan, saya akan membuat tiga modifikasi utama pada aturan yang ada,” kata Pioli seperti dikutip Football Italia.

“Pertama, saya ingin memodifikasi aturan guna meningkatkan waktu bermain yang efektif. Lalu, saya ingin menambah menit perpanjangan waktu di setiap babak. Kemudian, karena kita semua menyukai sepak bola menyerang, saya ingin membuat aturan yang melarang pemain mengoper ke belakang bila bola telah melewati garis tengah lapangan,” tambahnya.

Walau ide Pioli yang terakhir terdengar gila, tetapi dirinya mengaku hal tersebut bukanlah prioritas. Bagi Pioli, keefektifan waktu bermain tetap menjadi fokus utamanya saat ini.

Pasalnya, menurut Pioli, jumlah waktu efektif yang terjadi dalam satu pertandingan hanya 45 menit saja. Alias, 45 menit sisanya terbuang sia-sia oleh kejadian yang terjadi di atas lapangan hijau.

“Mungkin, selama ini waktu bertanding yang efektif hanya selama 45 menit saja. Jadi, setiap babak, hampir setengah waktunya terbuang dan hal tersebut tentunya tidak adil,” ungkap Pioli.

“Jika saja wasit lebih tegas, mungkin para pemain yang berguling-guling di lapangan akan langsung bangkit. Jadi, minimnya efektivitas bermain bukan hanya disebabkan oleh pemain, tetapi wasit juga,” tandasnya.

Baca Juga : Hasil Genoa vs AC Milan: Zlatan Ibrahimovic dkk Tekuk The Grifone 0-3