Jeneponto, Rakyat News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jeneponto mengeluarkan himbauan peringatan dini terhadap kondisi cuaca, Rabu (25/12/2019).

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Jeneponto Mus Muliyadi mengatakan kondisi cuaca hari ini sekitar pukul 16.30 WITA berpotensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Daerah yang di maksud kata Mus Muliyadi yakni Kabupaten Soppeng, Pangkep, Barru, Maros, Makassar, Gowa dan Bone Bagian Barat.

Selain itu, kata Mus Muliyadi potensi hujan lebat dapat meluas ke wilayah Kotamadya Pare-Pare dan Kabupaten Sidrap.

Kondisi ini diperkirakan dapat terjadi hingga pukul 18.30 WITA, kata Mus Muliyadi.

Oleh karena itu, kata Mus Muliyadi, dihimbau kepada seluruh camat, lurah dan kepala Desa agar memaspadai daerah aliran sungai untuk mengantisipasi banjir kiriman dari dataran tinggi.

Pasalnya, hujan sangat lebat terjadi di daerah hulu yakni dataran tinggi Kabupaten Gowa, imbuh Mus Muliyadi.

Untuk kondisi di aliran sungai Desa Pappalluang, tambah Mus Muliyadi saat ini debit air sudah hampir meluap. Oleh karena itu, di minta kepada warga yang dekat bantaran sungai di desa tersebut untuk waspada.

Sementara, di Dusun Likusarang, Desa Allu Taroang, yang terkena dampak banjir kiriman tadi saat ini kondisi air mulai surut. Demikian pula di Desa Barayya, yang terkena banjir karena drainase yang tidak dapat menampung debit air, sudah mulai surut, tandas Mus Muliyadi. (*)