JAKARTA – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyiapkan strategi untuk mencegah kemacetan lalu lintas mudik dan telah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polri dan seluruh stakeholder terkait, Sabtu (23/4/2022).

 

Baca Juga : Gelar Pertemuan, Mentan SYL Ajak Bagkitkan Produksi Kawasan Kedelai Nasional

Sigit mengatakan, sejumlah strategi telah dipersiapkan untuk mencegah kemacetan saat mudik nanti seperti One Way, Contraflow, dan ganjil-genap akan diberlakukan. Pemerintah juga telah menyiapkan jalur alternatif yang akan disediakan untuk pemudik.

 

“Jalur-jalur alternatif yang tentunya ini bisa digunakan untuk menjadi pilihan mudik yaitu, jalur alternatif Pantura dan Pantai Selatan yang saat ini dalam keadaan baik dan siap digunakan sebagai pilihan alternatif jalur mudik. Termasuk  Pengaturan ganjil genap tentu kita akan berlakukan. Sehingga kepadatan di jalan tol bisa kita hindari,” jelasnya.

 

Tambahnya, ia juga menyampaikan bahwa 20 ribu kursi telah disiapkan kereta api tiap hari agar bisa menjadi pilihan untuk mudik.

 

“Kemudian kita juga mengimbau, kemarin kita melakukan pengecekan bahwa ada alternatif moda transportasi yang bisa dipilih seperti kereta api, yang saat ini juga menyiapkan tambahan kurang lebih 20 ribu tempat duduk setiap harinya. Sehingga ini bisa menjadi pilihan disamping juga moda udara. Tentu semuanya siap untuk mendukung mudik kali ini bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.