MAKASSAR, RAKYAT NEWS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Makassar menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Media Gathering yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dan terpusat pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui teleconference.

Kegiatan yang mengangkat tema “Kolaborasi Dukung Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020” ini berlangsung di aula gedung I Rutan Kelas I Makassar, Kamis, (27/2).

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Bidang Pembinaan Kanwil Kumham Sulsel Harnianto didampingi Budi Hartoyo, Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Makassar Haryoto, Kepala Rupbasan Makassar Arifuddin, Kepala Urusan Umum Rutan Kelas I Makassar Muh. Syafruddin Achmad, Kepala Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Kerja Bapas Kelas I Makassar Abdul Azis serta sejumlah awak media cetak, elektronik dan online.

Mengawali kegiatan Rahnianto menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi wadah menjalin silaturrahmi, membangun sekaligus memperkuat sinergitas antara jajaran Pemasyarakatan dengan insan media.

“Tak bisa dipungkiri bahwa peran media massa dalam penyebaran informasi sangat besar. Untuk itu dalam kesempatan ini kami akan menyampaikan Target Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 dan apa saja target yang telah tercapai sesuai dengan tugas dan fungsi kami. Selanjutnya mempersilahkan kepada rekan media untuk melakukan dialog terkait capaian tersebut,” ucap Harnianto.

Selanjutnya mewakili Kepala Rutan Kelas I Makassar, Muh. Syafruddin Achmad menyampaikan bahwa Rutan Kelas I Makassar telah berupaya melakukan penyelesaian overstaying.

“Kami telah melakukan komunikasi aktif dengan pihak penahan atau instansi terkait untuk segera menyampaikan surat perpanjangan masa tahanan atau ekstrak vonis dan eksekusi putusan guna menghindari kelebihan masa tahanan yang dapat menimbulkan masalah overstaying,” ungkapnya.

Lanjut Syafruddin menginformasikan terkait jumlah penghuni Rutan Makassar per hari ini, Kamis (27/2) sebanyak 2.525 orang, yang seharusnya hanya memiliki kapasitas 1.000 orang.