YOGYAKARTA – Pada hari Rabu (11/5) lalu, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) turut menghadiri undangan Diseminasi Global Disability Summit Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Organisasi Harapan Nusantara (OHANA) di Grand Mercure Yogyakarta dengan tujuan untuk penyusunan strategi dan komitmen pemerintah dalam menggapai pembangunan inklusif disabilitas yang ada di Indonesia, Sabtu (14/5/2022).

 

Baca Juga: Adnan Harap Prajurit Divif 3 Kostrad Tanamkan Karakter 3 Pahlawan Nasional Asal Gowa

Direktur Pendaftaran Penduduk, David Yama, menjelaskan bahwa dalam melakukan pelayanan, pihaknya melakukan satu persatu ke kediaman warga secara gratis dengan cepat serta efektif dan efisien.

“Dalam kita melayani, kita harus sampai lakukan door to door, dari pintu ke pintu, harus cepat, efektif, efisien dan layanan kami gratis,” ungkap Yama.

Lanjutnya, untuk menindaklanjuti komitmen pemerintah RI mengenai pendataan bagi penyandang disabilitas, Dukcapil telah melakukan pencanangan gerakan bersama untuk pendataan disabilitas dengan skala nasional pada 14 Maret 2022 dan ditindaklanjuti secara daerah di Jawa Barat pada 4 April 2022, Lampung dan Sumatera pada 21 April 2022, dan di Bali, NTT serta NTB pada 22 April 2022. Berikutnya akan dilakukan di Jawa Tengah, DIY, Sulawesi, hingga Kalimantan dan Papua.

“Menindaklanjuti komitmen pemerintah Indonesia untuk pendataan penyandang disabilitas, telah dilakukan pencanangan gerakan bersama pendataan disabilitas secara nasional pada tanggal 14 Maret 2022 dan ditindaklanjuti secara daerah yaitu di Jawa Barat tanggal 4 April 2022 , di Lampung plus se-Sumatera tanggal 21 April 2022 dan di Bali, NTT dan NTB tanggal 22 April 2022. Berikutnya akan dilakukan di Jawa Tengah tanggal 24 Mei 2022, di DIY tanggal 3 Juni 2022 dan seterusnya di Pulau Sulawesi, Kalimantan dan Papua,” lanjut Yama.