MAKASSAR, RAKYAT NEWS – Dalam rangka mendukung Pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 secara maksimal, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Arry AS, S.Ikom, SH, MH, CPCE, menghimbau kepada rekan-rekan Jurnalis khususnya anggota JOIN Sulawesi Selatan untuk :

1. Mengutamakan proteksi diri dalam setiap tugas peliputan, menjaga jarak dengan narasumber, melengkapi diri dengan perlengkapan yang memadai saat meliput ke area atau korban suspect atau tempat-tempat lainnya yang berpotensi menimbulkan penyebaran virus,

2. Berperan aktif mengedukasi masyarakat secara massif melalui pemberitaan media masing-masing, media sosial dan lain-lain terkait langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona,

3. Menghindari pemberitaan yang dapat menimbulkan kepanikan dan berita bohong atau berita yang tidak terkonfirmasi,

4. Menjaga identitas dan privasi jika terdapat korban suspect dengan menyebut atau menuliskan inisial dalam pemberitaan untuk menghindari _bully_ atau pengucilan.

Demikian himbauan yang disampaikan oleh Ketua DPW JOIN Sulsel Dr. Arry AS, S.Ikom, SH, MH, CPCE, dalam Press Release yang disampaikan kepada Ketua DPD JOIN Se-Sulsel, Minggu (15/3/2020) untuk ditindaklanjuti. (*)