Makassar, Rakyat News – Salah satu materi yang disampaikan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam rapat koordinasi bulanan bersama pejabat eselon dua dan tiga Pemprov Sulsel adalah konsep melayani pemimpin.

Hal tersebut disampaikan di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin (19/6).

“Saya akan memberikan tips bagaimana melayani pimpinan atau how to manage your boss sehingga menghasilkan tim yang baik,” ujar SYL.

Ada empat poin yang disampaikan SYL. Pertama adalah seorang staf/pegawai dan pengikut mampu menjadi kamus bagi pemimpin. Harus mampu memberikan informasi dan masukan apa yang dibutuhkan.

Kedua, sebagai supporting sistem dengan menyediakan kebutuhan, pembela dan pelengkap dalam menjalankan tugas dan kerja pimpinan.

Ketiga, membangun wibawa pemimpin. Tidak membiarkan pemimpin jalan sendiri dan keempat adalah menjaga harkat dan martabat serta derajat pimpinan.

“Termasuk menjaga pemimpinnya dari korupsi. Mengingatkan seorang pemimpin. Karena godaan nafsu untuk korupsi sangat besar,” sebut SYL.

Ia juga memotivasi para pegawai yang hadir bahwa jenjang karir yang dimulai dari bawah mampu menyiapkan seseorang menjadi pemimpin.

“Saya mengawali dari bawah, dari seorang tukang ketik sambutan, memeriksa sambutan, kemudian sekarang menjadi pembaca sambutan, menjadi seorang gubernur,” sebut Syahrul Yasin Limpo. (*)