BULUKUMBA- Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburuh Indonesia (PB.Perbakin) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Joni Supriyanto membuka kegiatan Indonesia International Long Range Grand Prix ke-2 Seri 3 di Dusun Bakung-bakung, Desa Lembanna, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Sabtu, (21/5/2022).

Baca juga:Meriah! Even Menembak Internasional, Andi Utta: Bulukumba Selalu Siap Jadi Tuan Rumah

Di tahun ke-2 pelaksanaan ini, PB Perbakin memilih Kabupaten Bulukumba sebagai salah daerah dari tujuh daerah di Indonesia yang dijadikan lokasi even.

Selain itu, lokasi yang dipilih di Indonesia adalah daerah destinasi wisata, seperti Parang Ratjuk Yogyakarta, Bangka Belitung, Danau Toba Sumatera Utara, Riau, Sumatra Selatan, dan Cidaweng Cipanas Jawa Barat.

Joni Supriyanto dalam sambutannya menjelaskan, even menembak internasional itu digagas mulai tahun lalu, dengan menggabungkan dua kegiatan, yaitu olahraga dan wisata.

Menurut dia, tempat-tempat lomba yang dipilih adalah daerah-daerah dengan tujuan wisata yang ada di Indonesia. Sehingga olahraga ini, harus massif disosialisasikan kepada atlet dan para wisatawan.

“Tahun ini ada tujuh daerah. Tahun lalu ada delapan daerah,” katanya disambut tepuk tangan riuh.

Dikatakan dengan lomba ini, para atlet atlet Perbakin semakin mengasah skillnya sehingga nanti mampu bersaing dengan atlet tembak dari luar negeri.

Jenderal bintang tiga ini, menyebut bahwa olahraga adalah pemersatu bangsa sekaligus sebagai penjaga sportifitas. Kemudian, kemajuan kebesaran bangsa bisa dilihat dari beberapa faktor.

“Pertama, bagaimana tingkat ekonominya, maju atau tidak?. Kedua angkatan bersenjatanya, maju atau tidak?. Ketiga, bagaimana olahraganya?,” ungkap Kepala Badan Intelejen Strategis Mabes TNI ini.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana, menyampaikan selamat datang kepada Ketum PB Perbakin di tanah Sulsel. Ia juga memberikan apresiasi mendalam kepada Bupati Bulukumba yang bersedia menjadi tuan rumah.