4. Aplikasi Terus Bekerja di Latar Belakang

Aplikasi Terus Bekerja di Latar BelakangKita harus selalu memeriksa aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak. Dengan cara masuk ke menu pengaturan dan pilih fitur baterai pada Android atau iOS.

Kamu harus terus selalu melihat aplikasi mana yang paling sering banyak mengkonsumsi baterai, kemungkinan besar aplikasi tersebut terus-menerus bekerja di latar belakang sepanjang hari. Bisa itu aplikasi Facebook, Email, atau apa saja. Kita bisa non-aktifkan aktifitas latar belakang aplikasi tersebut dan berharap masalah baterai cepat habis tidak lagi terjadi.

5. Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi yang Menguras Baterai

Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi yang Menguras BateraiJika kita menggunakan aplikasi Google Maps atau memberi izin aplikasi menggunakan fitur lokasi terus-menerus maka sudah bisa dipastikan jika daya baterai akan 2x lebih cepat habis. Sebenarnya tidak masalah jika menggunakan aplikasi yang memerlukan GPS saat kita membutuhkannya, namun pastikan kita tidak terlalu banyak menggunakannya, selain itu pastikan kita menonaktifkannya saat tidak membutuhkannya lagi.

Sama halnya penggunaan fitur tethering, streaming musik atau video sepanjang hari. Hindari juga bermain game dengan grafis yang terlalu berat atau menggunakan kamera terlalu lama karena hal ini juga bisa lebih banyak mengonsumsi daya baterai.

6. Menggunakan Sumber Daya Aplikasi Secara Berlebihan

Menggunakan Sumber Daya Aplikasi Secara BerlebihanTerkadang kita sudah mengoptimalkan semua pengaturan demi mengatasi masalah baterai cepet habis, namun ternyata ini sama sekali tidak bekerja. Kenapa? Mungkin ini alasannya. Jika kita terlalu lama menghabiskan waktu dengan aplikasi yang banyak mengkonsumsi data maka baterai juga akan lebih cepat terkuras dibandingkan pada aplikasi biasa.

Mungkin kita harus mengubah kebiasaan jika ingin menghemat baterai, misalnya dengan memilih membaca berita daripada menonton video setiap hari, hindari juga bermain game dalam waktu lama, dan kita juga harus tetap sadar kenapa kita menggunakan ponsel dan aplikasi di dalamnya.