Pelajaran berikutnya, yang diberikan NH dari musda, Muh Yasir menyebut musuh maupun rival politik dapat menjadi kekuatan apabila disikapi dengan bijak. Kemenangan Taufan Pawe berkat hasil kompromi dari NH menjadi bukti. Pasca-terpilih, Wali Kota Parepare itu langsung memuji semua rivalnya dan siap merangkul mereka untuk membesarkan Golkar Sulsel.

“Pelajaran kedua dari NH dalam musda kemarin bahwa di dalam sebuah perjuangan, musuh atau rival politik adalah kekuatan bila disikapi bijak. Kan itu kelihatan Taufan akhirnya mencoba merangkul seluruh lawan dan itu menjadi kekuatan bagi Taufan dan Golkar Sulsel ke depan,” tandasnya.

Musda Golkar X juga melahirkan preseden yang tidak kalah pentingnya. “Terang benderang terbukti bahwa diskresi DPP ternyata tidak bisa ditafsirkan terlalu lebar. Apa yang berhasil kita saksikan lewat Musda menjadi preseden bahwa diskresi bukanlah freepass untuk menjadi ketua Golkar. Ke depan, pemegang diskresi di level musda sudah bisa bercermin pada Musda Golkar Sulsel ini,” tegas Yasir. (*)