Nasional, Rakyat News- Kementerian Agama RI melalui surat edaran menyampaikan kepada kaum muslimin diseluruh Indonesia, berdasarkan data astronomi minggu (16/7/2017) pukul 16.27 WIB, matahari akan melintas tepat diatas Ka’bah sehingga bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Ka’bah. (bagian bawah benda yang menyatu bayangan adalah arah kepala yang mengarah ke Ka’bah).

Menurut M.Thambrin selaku direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah mengatakan bahwa peristiwa semacam ini dikenal dengan nama “Istiwa A’dham” yaitu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat. Ucapnya Seperti yang diberitakan Kemenag di situs resminya, Jumat (14/7/2017).

Rakyat News
Surat edaran Kementerian Agama RI

Lanjut dia, Momentum ini dapat digunakan oleh umat islam untuk memverifikasi arah kiblatnya dengan cara menyusuaikan arah kiblat dengan bayang arah benda saat Rashdul Qiblah.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Benda yang dijadikan patokan hatus benar-benar lurus atau menggunakan bandul pemberat yang digantung pada benang/ tali.
2. Jika menggunakan benda yang didirikan pada suatu permukaan, permukaan tersebut harus benar-benar datar.
3. Jam pengukuran disesuaikan dengan data BMKG, RRI, atau TELKOM

(Kusuma Widodo/Rakyat News)