Foto : Dr Syamsu Rijal

MAKASSAR, RAKYAT NEWS – Pengamat ekonomi, Dr Syamsu Rijal, mengapresiasi sejumlah program ekonomi yang digagas Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassat, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan). Program pasangan kandidat yang diusung PDIP-Hanura-PKB itu dinilai sangat progresif dan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Saya lihat dan cermati saat deklarasi lalu, program ekonomi Dilan progresif, realistis dan sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat Kota Makassar. Program-programnya itu juga bisa menjadi solusi atas sekelumit problematika ekonomi Kota Makassar, mulai dari persoalan kesenjangan ekonomi hingga mengatasi pengangguran,” ucap dosen UNM ini, Rabu (2/9/2020).

Ia berpandangan program ekonomi Dilan juga terbilang komplet. Tidak muluk-muluk langsung mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah. Programnya sangat realistis, dimana Dilan sudah menyiapkan strategi pemulihan ekonomi atas dampak pandemi Covid-19.

“Makanya saya bilang programnya realistis, tidak muluk-muluk dan terukur karena Dilan bahkan ternyata sudah mempersiapka pemulihan ekonomi atas dampak pandemi virus korona,” jelas alumnus Fakultas Ekonomi Central China Normal University, Wuhan, Tiongkok ini.

Adapun beberapa program Dilan yang diapresiasi Syamsu Rijal adalah Gerakan Makassar Bekerja yang terdiri dari sejumlah program ekonomi kerakyatan. Di antaranya yakni penyediaan 100 ribu lapangan kerja baru selama lima tahun, jaminan kredit tanpa bunga dengan nilai kredit Rp5-100 juta, merevitalisasi fungsi BUMD serta memfasilitasi pembentukan BU CAMAT (Badan Usaha Kecamatan) dan BU LURAH (Badan Usaha Kelurahan).

Hal itu diperkuat dengan program ekonomi yang menyasar keterlibatan kaum muda dalam Milenial Andal alias Milea. Dalam program itu terdiri dari Kreatif Ekonomi Center (Kece), Ekonoki Digital Melayani (e-DILAN), Balla Carrade berupa pelatihan dan pendampingan usaha serta Rumah Kreatif Perempuan dan Disabilitas.