JAKARTA – Para Anggota Dewan dalam rapat paripurna sepakat Provinsi di Indonesia kini berjumlah 37 Provinsi. Rapat tersebut diadakan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (01/07/2022).

Baca Juga : Ranperda Usulan Pemkab Pangkep Disahakan dalam Sidang Paripurna

Adapun tiga Provinsi yang baru saja resmi adalah Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Selatan hasil dari pemekaran Provinsi Papua.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pada saat rapat paripurna terkait rancangan RUU DOB Papua, pembentukan Provinsi hasil dari pemekaran Provinsi Papua.

“Kami akan menanyakan kepada setiap fraksi apakah rancangan undang-undang tentang pembentukan Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan RUU tentang pembentukan Provinsi Papua Pegunungan dapat disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang?” ujarnya, dilansir dari Kompas.com

Pertanyaan itu diberikan kepada para anggota Dewan dari berbagai yang hadir pada rapat paripurna tersebut.

“Setuju,” jawab anggota Dewan dari setiap fraksi.

Baca Juga : DPR RI: Melalui Sektor Pertanian, Kementan Sukses Tingkatkan Ekonomi Nasional

Diketahui, salah satu anggota DPR RI sempat berikan instrupsi terkait pengesahan RRU DOB tersebut, namun itu ditolak oleh Dasco

“Interupsi nanti ya. Kita lagi pengambilan keputusan,” lanjut Dasco.

Setelah disepakati terkait adanya pemekaran Provinsi Papua, Indonesia resmi mempunyai 37 Provinsi, pada Kamis (30/06/2022) kemarin.

Ia juga mengatakan, apresiasi kepada seluruh peserta rapat paripurna yang telah memberikan dukungan atas kerjasamanya.

“Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada yang mulia Ibu Ketua dan seluruh pimpinan dan anggota yang telah memberikan dukungan pandangan yang konstruktif serta kerjasama yang sangat baik,” ujarnya, dilansir dari Tribunnews.com

Disi lain, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan, dengan adanya UU ini akan menjamin hak sosial dan ekonomi masyarakat Papua terkait pemekaran wilayah yang bertujuan untuk pemerataan dan keadilan pembangunan di Indonesia.