MAROS – Mendorong para petani, nelayan dan masyarakat mengembangkan komoditi lokal untuk kemandirian pangan, Kementan bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros berkolaborasi menggelar Acara Pra Pekan Nasional (Penas) 2022 di Kabupaten Maros.

Pra Penas ini merupakan kali pertama diselenggarakan dan Kabupaten Maros dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan ini.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA Nasional), HM Yadi Sofyan Noor menyampaikan, Pra Penas  digelar berdasarkan inisiatif dari Menteri Pertanian. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan Penas ke-17 di Padang Sumatera Barat yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10-15 Juli 2023.

“ini menjadi titik awal kita, bertekat untuk maju dan sejahtera , apalagi Pra Penas ini merupakan sejarah baru bagi kita semua” tutur Ketua KTNA. Sebanyak 5.364 peserta perwakilan 34 Provinsi di Indonesia yang mengikuti Pra Penas ini.

Di lain pihak, Bupati Maros HAS Chaidir Syam didampingi Wakil Bupati Hj Suhartina Bohari selaku tuan rumah Pra Penas Pertama ini menyambut antusias dan menyampaikan terimakasih atas kedatangan Menteri Pertanian RI dan atas kepercayaannya telah menunjuk Kabupaten Maros sebagai lokasi pelaksanaan perhelatan akbar ini yang untuk kali pertama dilaksanakan.

Menurut Bupati, Menteri Pertanian telah menunjukkan komitmennya berjuang mewujudkan kemadirian dan ketahanan pangan bangsa indonesia dimana selama 3 tahun terakhir telah menempuh kebijakan tidak melakukan impor beras.

Permintaan maaf juga disampaikan Bupati Maros kepada para peserta dan tamu undangan jika terdapat sejumlah kekurangan dalam rangkaian perhelatan Pra Penas ini.

Pra Penas dibuka langsung oleh Menteri Pertanian, H Syahrul Yasin Limpo. Dalam pidatonya, mentan menegaskan komitmennya untuk memnguatkan komoditi lokal untuk mendukung kemandirian pangan. “Demi meningkatkan kesejahteraan petani serta mengantisipasi krisis pangan global yang melanda dunia saat ini”