Mamuju, Rakyat News – Surat suara Pilkada Kabupaten Mamuju yang selesai dicetak oleh PT Temprina Media Grafika Jember telah didistibusikan ke Mamuju.

“Surat suara yang akan digunakan di Pilkada Mamuju, telah didistribusikan ke Mamuju dari Kota Makassar dan akan tiba besok (16/11),” kata Komisioner KPU Kabupaten Mamuju, Ahmad Amran Nur, di Mamuju, Minggu,(15/11/2020).

Ia mengatakan, distribusi surat suara pilkada Mamuju, dikawal ketat aparat kepolisian dan dalam pengawasan Bawaslu Mamuju.

Menurut dia, setibanya di Mamuju surat suara tersebut akan disortir oleh petugas yang disiapkan.

“Petugas yang disiapkan melakukan sortir suara tersebut akan dilakukan rafid test dalam rangka mencegah penyebaran virus corona,” katanya.

KPU Mamuju juga telah mempersiapkan segala keperluan pengelolaan surat suara tersebut, dengan membuat plat khusus sebagai tempat surat suara tersebut.

“Untuk menjamin surat suara dan kotak suara tidak rusak ketika sudah tiba di Mamuju, maka dibuat tempat surat suara yang aman untuk mencegah kerusakan,” ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah surat suara yang dicetak untuk Pilkada Mamuju tahun 2020 sebanyak 162.218 lembar disesuaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Mamuju,

“Selain itu juga dicetak surat suara cadangan sebanyak 2,5 Persen dari jumlah DPT, kemudian dicetak 2000 lembar surat suara yang dipersiapkan jika dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU),” ujarnya.

Pilkada Kabupaten Mamuju yang akan digelar 9 Desember 2020, diikuti dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju.

Yakni pasangan Sutinah Suhardi Duka dan Ado Mas’ud dengan nomor urut satu, dan pasangan Habsi Wahid dan Irwan Pababari bernomor urut dua.

Sumber : Antaranews