Makassar – Ketua ISYEF Sulsel, dr Fadli Ananda, inisiasi adanya Klinik kesehatan Serambi Sehat Masjid yang diresmikan akhir Juni 2022 lalu kini ramai pengunjung.

Berlokasi di Masjid Darul Muttaqin, Minasa Upa, Makassar, sejak diresmikannya mulai ramai dikunjungi warga. Klinik ini beroperasi sekali seminggu, untuk memberikan pelayanan cek kesehatan kepada warga sekitar.

Klinik yang berada di lantai dua masjid ini dilengkapi fasilitas layaknya poliklinik rumah sakit, satu dokter umum, dan juga perawat.

Warga bisa melakukan cek kesehatan secara gratis. Mulai dari gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan lainnya. Jika ada yang dianggap membutuhkan rujukan, maka akan dirujuk ke rumah sakit-rumah sakit yang telah bekerjasama dengan ISYEF Sulsel, salah satunya RSIA Ananda Makassar.

Ketua Pengurus Masjid Darul Muttaqin Minasaupa, Drs Salinri SH, mengaku bersyukur karena ISYEF Sulsel memilih Masjid Darul Muttaqin sebagai pilot project Serambi Sehat Masjid, dan sejumlah program lainnya. Masjid yang memiliki klinik kesehatan ini adalah yang pertama di Sulawesi Selatan.

“Saya yakin ini yang pertama di Sulawesi Selatan. Alhamdulillah, bisa bermanfaat untuk warga sekitar, khususnya jemaah masjid,” ujarnya.

Sementara, dr Fadli Ananda SpOg MKes, mengatakan, ke depan dirinya bahkan berharap klinik ini bisa melayani pemeriksaan ibu hamil, dengan tersedianya fasilitas USG. Meskipun baru beroperasi sekali seminggu, warga sangat antusias.

“Alhamdulillah, terus bermanfaat hingga ke depannya. Kita berharap, masjid bukan hanya sekedar jadi tempat shalat saja, tapi menjadi pusat aktivitas umat muslim,” ujarnya. (**)