Rakyat News, Makassar – Rekaman rapat via aplikasi zoom antara mantan wali kota Makassar, Danny Pomanto (DP) dengan Ketua DPD I Golkar Sulsel Nurdin Halid, yang bocor semakin menarik perhatian publik.

Dalam perbincangan itu, DP menyebut sejumlah elite partai Nasdem Sulsel yang tinggi hati, rekatif, dan merasa sok berkuasa. Itu membuat DP merasa tidak nyaman dan sangat berharap bisa pisah dengan Nasdem di perhelatan pemilihan wali kota Makassar.

Bukan itu saja, DP juga menegaskan dirinya sebagai pemimpin independen yang merasa tidak pernah dibantu oleh Nasdem. Sebaliknya, DP deklarasi dirinyalah yang banyak membantu Nasdem.

Di mata pemerhati politik, Ras MD, pernyataan DP ini sebenarnya sudah menyentil siri’ dan marwah Nasdem sebagai partai pemenang pileg di Kota Makassar dengan torehan enam kursi.
“Nasdem ini bukan hanya pemenang pemilu loh saat ini. Tapi juga mengantongi kursi ketua DPRD Makassar,” sebut Direktur Parameter Survei Indonesia ini.

Hanya saja, diamnya kader dan elite Nasdem Sulsel sejauh ini membuktikan bahwa segala pernyataan DP, bahwa Nasdem sangat bergantung dan banyak berutang jasa pada pada DP bisa menjadi pembenaran.

“Ini menunjukkan bahwa sosok DP di internal Nasdem begitu kuat dan tidak tersentuh. Sangat dibutuhkan. Dan inilah salah satu bukti kehebatan DP sebagai tokoh yang ternyata sangat diperhitungkan dan diagungkan di belantara politik Makassar,” katanya.

Perbincangan dalam rapat itu diikuti sejumlah loyalis DP dan NH. Paska beredarnya video tersebut, DP berhasil meredam kondisi internal Nasdem dan menjaga partai besutan Surya Paloh itu.

“Kata lainnya, melihat apa yang sudah dinyatakan DP di dalam rekaman itu, dan Nasdem tetap bisa adem mendukungnya, membuktikan Nasdem memang ada di bawah ketiak DP,” katanya. (***)