Makassar, Rakyat News – Rabu kemarin (9/8/2017), Pecandu Aksara (PA) kembali menggelar diskusi literasi dengan tema pembahasan ‘Belajar Menulis Opini/Essai’ yang bertempat di Cafetaria 99, kompleks pasar segar, Makassar.

Dihadiri puluhan peserta yang berlatar belakang dari berbagi profesi dan usia, kegiatan yang berlangsung malam hari ini turut menghadirkan Wongso Adi Saputra, kolumnis opini harian Fajar sebagai narasumber.

Dalam kesempatannya, narasumber yang juga dosen study bahasa Inggris Unismuh Makassar, mengatakan, bahwa dalam menulis opini, penentuan judul sangatlah penting. Dan judul itu, sangat berpengaruh diterimanya tulisan kita di media cetak atau tidak.

“Ada 5 indikator dalam penulisan opini, yang pertama meramu tema, brainstorming, observasi, penulisan opini (pembuka, isi, penutup), dan editing,” Tambahnya.

Salah satu peserta yang ditemui berkata, “saya senang dengan kegiatan seperti ini, sebab melalui materi tadi, saya baru tahu beberapa tips tentang menulis opini.”

Pecandu Aksara sebelumnya juga sukses melaksanakan kegiatan bertajuk literasi. Kegiatan workshop seperti, cara menembus penerbit nasional, workshop self publishing, cerpen, puisi, dan penulisan biografi menjadi bukti rentetan kegiatan yang dilaksanakan komunitas pegiat literasi ini.(*)

Kiriman: Ma’arif (Peserta Workshop penulisan opini)