MAKASSAR, RAKYAT NEWS – Hari jadi ke 49 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan search and  Rescue (Basarnas) bertema “Kita Tingkatkan Kualitas Layanan Pencarian dan Pertolongan untuk Menyambut Tahun Emas Basarnas Menuju Indonesia Maju”.

Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi mengatakan sejak berdiri secara krusial pada tahun 1950, Basarnas dituntut untuk menanggulangi berbagai bencana yang terjadi, baik itu bencana alam dan korban kecelakaan transportasi udara maupun laut yang langsung dipertanggung jawabkan ke bapak Presiden

“Moment peringatan hari jadi Basarnas ke 49 tidak hanya diperingati secara seremonial belaka, melainkan setiap anggotanya dituntut untuk  meningkatkan profesionalisme dan kualitas layanan dalam membantu pencarian dan pertolongan,” ucap Djunaidi, di kantor kelas A Basarmas Bandara Internasional Hasanuddin Makassar. Minggu (28/2/2021)

Sementara itu, Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto yang hadir pada acara tersebut mengapresiasi Basarnas yang telah memasuki usia ke 49, menurutnya diusia yang sekarang, Basarnas cukup matang dan eksistensinya  masih menjadi harapan masyarakat sebagai SAR.

“Basarnas punya reputasi dengan kerja keras, dedikasi dan motivasi tinggi mempunyai pendekatan yang humanis dengan kearifan lokal. Setiap ada bencana selalu berada di depan tidak mengenal kondisi seperti bencana tsunami serta berbagai bencana lainnya, diperlukan keberanian untuk tugas seperti Basarnas,” puji Danny.