BOGOR – Dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra, satu-satunya nama yang diusulkan oleh kader untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang yakni Prabowo Subianto yang kini menjadi ketua umum partai tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani.

Baca Juga : Perwakilan PKB akan Hadiri Rapimnas Gerindra

Menurut Muzani, terdapat sejumlah pertimbangan yang membuat Prabowo sebagai calon tunggal pilihan para kader. Salah satunya adalah Prabowo merupakan tokoh paling populer dari sejumlah lembaga survei yang menjadi indikator bahwa ia menjadi paling diminati dan disukai.

Lanjutnya, jika dilihat dari kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan dinilai cukup berdampak positif dalam pemerintahan, dan beliau tidak pernah berpaling dari komitmen untuk menjaga keutuhan negara.

“Kedua kinerjanya di dalam Kementerian Pertahanan dianggap cukup memberi makna positif bagi pemerintahan Jokowi-Maruf. Kemudian beliau tidak pernah bergeser dari komitmennya untuk menjaga keutuhan NKRI. Itulah alasan kader,” kata Muzani dilansir dari CNNIndonesia.com.

Sejauh ini diketahui baru beberapa dewan perwakilan daerah (DPD) yang menyampaikan pandangannya terkait calon yang bakal diusung Gerindra dalam Pilpres 2024.

Muzani mengungkap selama ini Prabowo ingin mendengar langsung pandangan dari daerah terkait capres yang diusung.

“Sebagai orang yang demokratis, beliau tidak percaya begitu saja. Karena itu meski beliau memiliki kewenangan dalam anggaran dasar, mandat dari kongres untuk memutuskan capres dari Partai Gerindra, tapi beliau merasa perlu untuk mendengar langsung aspirasi itu,” jelasnya.

Nantinya, Prabowo direncanakan memberi jawaban atas permintaan para kadernya pada malam hari usai mendengar seluruh pandangan DPD.

“Setelah beliau mendengar seluruh aspirasi yang disampaikan secara langsung dan zoom meeting di luar negeri, beliau akan jawab nanti pada waktunya, hari ini pada sore atau malam nanti setelah magrhib,” tegas Muzani.