RAKYAT.NEWS, Makassar – Lima orang tahanan Polsek kabur saat petugas sementara mengolah tempat kejadian perkara (TKP). Kelimanya adalah tahanan di Polsek Perdagangan, Simalungun, Sumatera Utara.

Peristiwa kaburnya tahanan terjadi pada Jumat, 17 Februari 2023, sekitar pukul 00.30 WIB. Petugas Polsek kala itu mengecek TKP menindak lanjuti laporan warga setempat pada Kamis, 16 Februari 2023, sekitar pukul 23.30. WIB.

“Modus lima orang Tahanan merusak jeruji besi ventilasi kamar mandi sel tahanan yang bersebelahan dengan ruang unit penyidik reskrim Polsek Perdagangan,” kata Kapolres Simalungun AKBP Ronald dalam keterangan tertulis Humas Polres Simalungun, dilansir Kompas.com, Sabtu, 18 Februari 2023.

Mereka lalu melarikan diri dengan melompat ke ruangan pemeriksaan Reskrim yang dalam keadaan kosong karena ditinggal personel yang mengolah TKP. Saat itu, ada satu orang anggota polisi yang tinggal di Mako Polsek Perdagangan.

Menurut AKBP Ronald, para tersangka memanfaatkan situasi itu lalu melarikan diri. “Mereka kabur saat personil yang menjaga tinggal satu orang dan yang lain melakukan pengecekan TKP,” ucap Kapolres.

Sementara itu, setelah pengecekan TKP, anggota polisi membawa seorang pria yang diduga mengalami gangguan jiwa, usai diamankan warga karena diduga mencuri. Saat tiba di Mako Polsek Perdagangan, anggota polisi mengetahui tahanan kabur.

“Setelah kembalinya personil yang melaksanakan pengecekan TKP dan kembali ke Mako lalu melakukan pengecekan rutin di RTP, melihat lima orang tahanan sudah tidak ada, melarikan diri,” katanya.

Tak lama kemudian Kapolsek Perdagangan AKP Josia bersama anggota Polsek Perdagangan memburu tahanan kabur dan melaporkan peristiwa itu ke Polres Simalungun. Ronald bilang, hingga kini pihaknya telah membentuk tim gabungan dari Krimum Polda Sumut, Polres Simalungun, dan Polsek Perdagangan untuk memburu tahanan yang kabur.