RAKYAT NEWS, Kesehatan – Vertigo adalah kondisi medis yang sering kali melanda manusia dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada umumnya, vertigo terjadi karena gangguan pada telinga dalam yang bertanggung jawab mengatur keseimbangan tubuh. Beberapa jenis vertigo dapat diperbaiki dengan obat-obatan, tapi ada pula yang memerlukan perawatan lebih lanjut. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menghilangkan vertigo dengan cepat.

1. Gerakan kepala

Salah satu cara ampuh menghilangkan vertigo dengan cepat adalah dengan melakukan gerakan kepala yang dapat mengaktifkan kembali fungsi telinga bagian dalam. Dengan menggerakan kepala secara perlahan, Anda bisa membantu menstimulasi sel-sel saraf di dalam telinga yang terkait dengan keseimbangan.

Caranya cukup sederhana, duduklah dengan punggung tegak dan kemudian putarlah kepala secara berlahan ke kiri dan kanan, selama beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memiringkan kepala ke belakang atau ke depan dan memutar kepala searah dan berlawanan arah jarum jam.

2. Minum air putih

Kepala yang sering terasa pusing dan mual dapat diatasi dengan minum banyak air putih. Vertigo bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan, minum air putih dapat membantu meredakan gejala vertigo yang muncul. Disarankan untuk minum air putih secukupnya dan secara teratur agar tubuh tidak kekurangan cairan.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dan berkualitas dapat membantu meredakan gejala vertigo. Istirahat yang baik akan membantu tubuh dan otak Anda pulih dari kondisi stres atau kelelahan yang mungkin terjadi, dan membantu merangsang sistem syaraf pusat untuk bekerja lebih baik.

Cara terbaik untuk mencapai istirahat yang berkualitas adalah dengan tidur selama 7-8 jam sehari, dan menjaga lingkungan tidur yang tenang, gelap dan nyaman.

4. Melakukan terapi fisik

Terapi fisik merupakan upaya pengobatan yang umum digunakan untuk menangani vertigo. Terapi ini meliputi latihan keseimbangan dan koordinasi motorik, penggunaan alat bantu atau perangkat pendukung keseimbangan, seperti tongkat atau kursi roda, dan latihan pernapasan yang diperlukan untuk menghilangkan kecemasan.