RAKYAT NEWS, Kesehatan – Asam folat adalah nutrisi penting bagi ibu hamil selama kehamilan, terutama pada trimester pertama. Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9 atau folik asam dan salah satu vitamin B kompleks.

Mengapa asam folat penting untuk ibu hamil trimester pertama? Sebab pada tahap ini, janin dalam rahim membangun sistem saraf inti dan organ vital menjelang minggu-minggu pertama. Asam folat membantu membangun DNA, RNA, dan sel punca. Dalam hal pembentukan sel punca, asam folat turut berperan penting dalam mengurangi risiko cacat tabung saraf lahir, kelainan bawaan tertentu, dan bahkan meningkatkan kesuburan pada wanita.

Berikut beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil trimester 1:

1. Meningkatkan Kesuburan

Konsumsi asam folat sebelum kehamilan dapat membantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Peningkatan tersebut terutama berkaitan dengan produksi sel telur yang sehat dan kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

2. Mencegah cacat tabung saraf lahir

Asam folat sangat penting untuk pertumbuhan sel saraf janin dan dapat mencegah kelainan tabung saraf lahir. Risiko terjadinya kelainan tabung saraf lahir secara signifikan menurun jika ibu hamil menjaga asupan asam folat yang memadai.

3. Berperan dalam pembentukan sel darah merah

Asam folat membantu dalam pembentukan sel darah merah, yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Sel darah merah membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membantu menghilangkan karbondioksida, serta diperlukan bagi pertumbuhan janin.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kekurangan asam folat pada ibu hamil trimester 1 akan dapatmengurangi pertahanan tubuh terhadap infeksi. Selain itu, asam folat dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan.

5. Meningkatkan Kualitas dan Produksi ASI

Asam folat membantu dalam produksi susu ibu dan kualitasnya, yang kemudian memastikan nutrisi yang tepat bagi bayi setelah kelahiran.