RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bagian Akademik dan Kemahasiswaan menyelenggarakan rapat evaluasi pelaksanaan tahap 1 dan koordinasi pelaksanaan tahap dua Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) – Seleksi Nasional berdasarkan Tes (SNBT). Kegiatan berlangsung di Meeting Room Gowa, Hotel Novotel, Sabtu, 20 Mei 2023, mulai pukul 11.00 WITA.

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, dalam sambutannya ia berpesan kepada panitia penyelenggara untuk mempersiapkan kembali pelaksanaan seleksi UTBK tahap dua yang dijadwalkan berlangsung pada Senin 22 Mei 2023. “Kelancaran proses pelaksanaan UTBK tahap awal merupakan bagian kerja sama yang baik dengan para panitia di Unhas. Harapan kita bersama, pelaksanaan tahap kedua juga bisa berlangsung secara optimal.

Ia meminta panitia untuk melakukan antisipasi yang memungkinkan menjadi penganggu kelancaran ujian seperti jaringan, komputer hingga listrik agar seluruh rangkaian ujian tahap dua berlangsung baik seperti sebelumnya.

Secara umum, pada pelaksanaan UTBK SNBT tahap 1 jumlah peserta terdaftar sebanyak 14.416 orang dengan persentase kehadiran 95.51% atau sebanyak 13.769 orang. Adapun jumlah peserta yang tidak mengikuti ujian 647 orang atau 4.49%. Sementara itu, untuk pelaksanaan UTBK Tahap 2 akan melibatkan sebanyak 6.271 orang untuk 7 sesi ujian yang dimulai pada Senin, 22 Mei 2023 hingga Kamis, 25 Mei 2023.

Dalam rapat evaluasi dan koordinasi pelaksanaan UTBK SNBT Unhas, para peserta secara aktif memberikan saran dan masukan untuk kelancaran pelaksanaan UTBK selanjutnya. Tidak hanya itu, juga dilakukan beberapa upaya antisipasi untuk mencegah kendala pelaksanaan ujian yang mungkin akan dihadapi oleh para peserta ujian.