RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pada hari ini, 23 Mei 2023, rombongan biksu dengan jumlah sebanyak 32 orang tengah menempuh perjalanan ke Tegal, hal tersebut merupakan ritual Thudong yang dilakukan dengan berjalan kaki menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, para biksu tersebut tiba di Losari, Brebes pada Senin, 22 Mei 2023 dan disambut meriah oleh warga setempat.

Menurut Ketua DPD 2 Walubi Jateng, Tanto Soegito Harsono, jika sesuai target, 32 biksu tersebut akan tiba di Candi Borobudur atau tepatnya di Magelang di Kelenteng Liong Hok Bio, pada 30 Mei mendatang.

“(Biksu thudong masuk Jateng) Tanggal 22 Mei masuk Losari, 23 Mei Tegal, 24 Mei Pemalang, 25 Mei Pekalongan. Terus 26 Banyuputih, 27 Kendal, 28 Semarang, 29 Ambarawa, 30 Magelang terakhir di Borobudur,” beber Tanto dilansir dari CNNIndonesia.com.

Acara penyambutan terhadap para biksu saat nanti tiba di Candi Borobudur juga tengah disiapkan. Nantinya penyambutan dilakukan Pemkab Magelang saat rombongan biksu tiba di Magelang.

Para biksu memulai perjalanan ritual Thudong sejak 25 Maret 2023 dengan rute Thailand-Malaysia-Singapura-Indonesia dan ditargetkan tiba di Candi Borobudur sebelum 2 Juni nanti, sebelum akhirnya pada 4 Juni 2023 merayakan Waisak, yang merupakan hari besar keagamaan umat Buddha.

Thudong sendiri merupakan perjalanan religi yang pelaksanaannya mesti dilakukan dengan berjalan kaki. Ritual jalan kaki ini diketahui telah menjadi tradisi sejak ratusan tahun lalu.

Sebelumnya, para biksu ini masuk Indonesia dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Rute jalan kaki 32 biksu ini yakni Batam-Jakarta-Bekasi-Cikarang-Karawang-Cikampek-Pamanukan-Kandanghaur-Jatibarang-Cirebon-Losari-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Banyuputih-Kendal-Semarang-Ambarawa-Magelang. Total jarak perjalanan yang ditempuh 32 biksu ini diperkirakan sejauh 2.600 Km.