“Terima kasih Partai GOLKAR,” tambah Iksan yang disambut tepukan hangat.

Iksan juga menyampaikan bahwa keberadaan Partai Politik di daerah ini, telah berjalan dengan baik. Ini ditandai dengan tumbuhnya jumlah Partai dan adanya keseimbangan perwakilan Partai di legislatif.

Selain itu, kondisi Parpol tetap berjalan harmonis dan tumbuh dengan sehat sesuai dengan kapasitas dan sumber daya yang dimiliki, kata Bupati dua periode tersebut.

Dikatakannya, parpol merupakan wadah strategis dan visioner dalam mewujudkan dan membangun sistem politik yang demokratis, diharapkan mampu mengemban aspirasi rakyat dan sebagai wadah pendidikan politik guna mewujudkan stabilitas politik nasional.

Kita memahami bahwa partai politik merupakan elemen paling mendasar yang menjadi pionir dan indikator dari terwujudnya stabilitas politik tersebut.
Olehnya itu, Musyawarah ini memiliki makna yang sangat penting bagi daerah ini, khususnya dalam menghadapi kondisi negara dan bangsa kita yang tengah berada dalam dimensi sosial politik yang semakin kompetitif, ujar Iksan.

Ditengah bangsa kita dalam proses impelementasi demokrasi yang berkualitas, Partai Politik diharapkan untuk ikut mengambil peran yang partisipatif dalam membangun kualitas demokrasi tersebut.

Tentunya peran dimaksud, lanjut Iksan selain mengajak kita untuk memberi respons yang positif terhadap perkembangan politik nasional, juga menuntut kita untuk senantiasa menjaga integrasi dan keutuhan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Rakyat News

Iksan menambahkan bahwa kita menyadari bahwa “sosialisasi politik” yang digerakkan dari bawah, untuk membiasakan masyarakat mengekspresikan pendapat dan menyelesaikan masalah secara santun dan damai, merupakan keharusan yang tidak terhindarkan, jika kita ingin mempertahankan keutuhan nasional.

Sehingga salah satu pola sosialisasi dalam pembangunan politik yang tepat bagi suatu daerah, juga dipengaruhi oleh kondisi sosial, ekonomi, dan karakter budaya masyarakat setempat.