RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sebanyak 16.990 PNS dan anggota TNI/Polri akan dipindahkan ke IKN pada 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas yang juga merinci bahwa angka tersebut terdiri 11.274 ASN dari 40 kementerian dan lembaga. Sementara 5.716 lainnya merupakan anggota TNI dan Polri.

Jumlah itu ia paparkan usai mengunjungi proyek IKN pekan ini. Ia berharap Kehadiran PNS tersebut diharapkan bisa menunjang kegiatan pemerintah dan pelayanan publik di IKN.

“Progres pembangunan (IKN Nusantara) berjalan baik dan luar biasa. Tentunya ini diharapkan dapat menunjang target pemerintah untuk pemindahan ibu kota serta kepindahan ASN (aparatur sipil negara), TNI, Polri tahap awal pada 2024 nanti,” kata Anas dilansir dari CNNIndonesia.com.

Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Nusantara, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi menjelaskan pembangunan IKN sampai dengan saat ini telah mencapai 29,27 persen.

Untuk mempercepat pembangunan, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pada Jumat, 9 Juni lalu mengatakan akan memanfaatkan mandor bule atau asing.

Hal itu dilakukan selain untuk mempercepat juga demi menjaga kualitas pembangunan IKN.

“Saya lapor ke presiden, pengawas terpaksa dengan segala hormat pakai bule untuk kualitas. Jangan sampai Istana Presiden itu jadi tapi tidak bagus,” katanya.

Luhut mengatakan penunjukan mandor bule dilakukannya setelah mendapat tugas dari Jokowi untuk menjadi Ketua Tim Satuan Tugas Percepatan Investasi IKN.