RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Selasa, 8 Agustus 2023 dengan topik “Teknologi Digital Sebagai Sarana Mewujudkan Desa Mandiri”

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.46 dari 5,00.

Bevaola Kusumasari menuturkan untuk selalu pastikan situs web desa wisata Anda aman dan terlindungi dari serangan siber. Gunakan sertifikat SSL untuk mengenkripsi komunikasi antara pengguna dan situs web. Selalu perbarui perangkat lunak CMS (Content Management System) dan plugin yang digunakan untuk menjaga keamanan situs web.

” Selalu pastikan situs web desa wisata Anda aman dan terlindungi dari serangan siber. Gunakan sertifikat SSL untuk mengenkripsi komunikasi antara pengguna dan situs web. Selalu perbarui perangkat lunak CMS (Content Management System) dan plugin yang digunakan untuk menjaga keamanan situs web.” tuturnya.

Kedua dari Imam Wicaksono, Ia mengatakan Desa digital yang berbudaya dan berdaya akan lebih mudah menghasilkan masyarakat yang berkarya.

“Desa digital yang berbudaya dan berdaya akan lebih mudah menghasilkan masyarakat yang berkarya, Digitalisasi Budaya memungkinkan kita mendokumentasikan kekayaan budaya, Digitalisasi Budaya dapat menjadi peluang untuk mewujudkan kreativitas.” katanya.

Tommy Widhiyatno mengatakan program mesin pencari dalam komputer disebut juga dengan search engine. Secara lengkap, mesin pencari atau search engine adalah website yang mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet untuk dapat ditelusuri oleh penggunanya. Untuk menggunakan mesin pencari, Anda tinggal memasukkan apa yang ingin Anda cari dan mesin pencari akan memberikan Anda berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang dicari.