RAKYAT.NEWS, BEKASI – Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil mengubah nama Alun-Alun Edu Forest menjadi Alun-Alun Setu, Ajar Wana. Hal itu, ia sampaikan dalam peresmian Alun-Alun itu, pada Selasa (15/8/2022).

“Bahasa sunda Forest itu Warna, Edu atau Edukasi itu Ajar atau pengajaran.Keren banget namanya kan Ya, Setu Ajar Wana,” katanya.

Kemudian, Kang Emil juga meminta bagi pengunjung atau masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan serta ketertiban.

“Jangan di coret-coret, dikotori sekitar dan tembok Alun-alun Setu, Ajar Wana, ” imbaunya.

Bukan itu saja, Kang Emil juga mengingatkan masyarakat sekitar untuk menjaga dan merawat bibit pohon durian yang telah diberikan oleh Provinis Jawa Barat.

“Hitungan tahun juga pohon yang baru di tanam di sekitar alun-alun akan besar, Kalau saya keseni lagi sudah subur,” pungkasnya.

Di lokasi sama, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Indra Maha menyebut bangunan Alun-alun Edu Forest yang kini berubah nama menjadi Alun-alun Setu, Ajar Wana di bangun di atas lahan Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

“Pembangunan Alun-alun ini semoga dapat memenuhi kebutuhan ruang terbuka publik, rsfrestatif dan dapat di akses mudah oleh masyarakat,” katanya.

Ia menceritakan, sebelum ada pembangunan alun-alun Setu, Ajar Wana di lingkungan sekitar hanya ada satu mushola dan satu warung.Namun, seiring berjalan selesai proyek pembangunan Alun-alun Setu, Ajar Wana.

“Banyak perubahan perkembangan ekonomi di sekitar di tandai banyak ruko,” imbuh Indra Maha.

Indra Maha merinci, pembangunan Alun-alun Setu, Ajar Wana terdiri dari, Apliteater plaza track, Play Ground, Joging Track, Parking, Mushola dengan anggaran biaya kira-kira 6, 6 Miliyar.

“Luas total lahan yang kita gunakan sekitar 9.914 Meter.Konsep yang di gunakan adalah Gedung Juang 45, ada juga tugu bambu runcing sebagai simbol perjuangan masyarakat Bekasi,” jelasnya.

 Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi menambahkan bahwa peresmian Alun-alun Setu, Ajar Wana bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Bekasi ke- 73.

“Saya rasa sangat istimewa, dan atas nama sebagai warga Kabupaten Bekasi mengucapkan terima kasih yang diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat,” pungkasnya.

Dedy Supriyadi mengharapkan, Alun- alun Setu Ajar Wana tersebut menjadi ruang publik yang nyaman, menjadi indeks kebahagian masyarakat khsusnya warga Kabupaten Bekasi.

“Ini ruang publik yang menjadi berbagai aktifitas,” kilasnya.