RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI, Dito Ariotedjo bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir secara serius menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama yaitu bantuan pemerintah untuk pemusatan latihan nasional Timnas Indonesia U-17 dan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

“Hari ini telah dilangsungkan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kemenpora dengan PSSI, dimana ini menandakan kehadiran pemerintah dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dan persiapan Timnas Indonesia U-17,” ujar Menpora Dito.

Dito mengatakan bantuan dana Rp 399,5 miliar dari pemerintah kepada PSSI akan di pertanggungjawabkan secara transparan dan akuntabel, juga memiliki harapan bisa punya dampak baik terhadap prestasi Timnas Indonesia U-17 sekaligus penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

“Saya harap bantuan dana ini bisa berdampak pada prestasi sepak bola Indonesia. Semoga pelatnas Timnas Indonesia U-17 di Jerman bisa berjalan lancar,” ujar Dito di Media Center Kemenpora, Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

Dito ingin ajang Piala Dunia U-17 di Tanah Air bisa sukses dan aman. Hal ini menjadi penting untuk meningkatkan kepercayaan internasional terhadap Indonesia, khususnya dalam hal penyelenggaraan kejuaraan olahraga.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-17 diagendakan untuk melakoni beberapa uji coba di Jerman. Skuat Garuda Muda akan melawan dua tim nasional dan empat klub. Meski demikian, Ketua PSSI tak merinci secara detail soal rencana uji coba itu.

“Uji coba ada dua timnas lain dan empat klub di Jerman. Nanti kita umumkan karena bisa saja nanti ada beberapa perubahan. Kita ingin memastikan kondisi para pemain bisa prima dan menghindari cedera. Ini yang benar-benar kita jaga,” ujar Ketua PSSI Erick.

Menpora Dito punya komitmen untuk hadir melihat langsung pelatnas, tentu saya ucapkan terima kasih. Ini tentu bagus dan justru mendukung moral dari persiapan kita disana,” jelasnya.